cobaseh

realtime monitoring kwh meter schneider iem3255 using modbus protocol and website

Post Date
08 Aug 2023

Assalamualaikum wr wb.

Bagaimana kabar teman Elmech sekalian? Baik-baik saja kan ?

Pada kesempatan kali ini Elmech akan memberikan demo mengenai sistem monitoring KWH Meter SCHNEIDER iEM3255 menggunakan protokol Modbus dan website. Nah sebelum menuju ke demo teman-teman harus tau apa itu modbus. Protokol Modbus adalah salah satu standart protokol yang digunakan untuk komunikasi serial yang telah digagas pertama kali oleh Modicon pada tahun 1974 untuk digunakan pada PLC Modicon. Modbus sendiri banyak digunakan untuk mengirimkan data/ infomasi melalui koneksi serial antar perangkat elektronik. Perangkat yang meminta informasi disebut Modbus Master, sedangkan perangkat penyediaan informasi disebut Modbus Slave. Pada suatu sistem jaringan Modbus standar, terdapat sebuah master dan slave sampai 247.

Modbus memungkinkan adanya komunikasi dua jalur antar perangkat yang terhubung ke jaringan yang sama. Modbus sering digunakan untuk menghubungkan supervisory computer dengan remote terminal unitsupervisory control dan akuisisi data (SCADA). Berdasarkan media transfernya, Modbus dikategorikan ke dalam Sistem Modbus serial (RS232/ 485) dan Modbus (TCP/IP). Untuk tipe dari bentuk datanya Modbus dibagi  menjadi dua yaitu Modbus RTU (serial) dan Modbus ASCII. Perangkat Modbus menggunakan teknik master-slave, dimana master yang hanya dapat melakukan perintah atau permintaan yang disebut query, sedangkan slave merespon dengan menyediakan data yang diminta oleh master. Protokol Modbus mempunyai format tertentu untuk setiap query dari master yang berisi alamat dari slave yang dituju.

Untuk koneksi dengan server pada proyek ini kita menggunakan komunikasi LAN, hal ini dikarenakan agar pengiriman data ke server lebih setabil. Untuk wiring diagramnya seperti pada gambar berikut:

Gambar 1. Wiring Diagram

Kemudian untuk kontroler yang telah dibuat :

Gambar 2. Kontroler

Gambar 3. Login

Gambar 4. Dashboard

Gambar 5. History

Gambar 6. Menanbahkan device baru

langsung saja jika teman-teman ingin detail demonya langsung saja nonton video berikut ini:

 

Sekian dulu penjelasan kita kali ini jika inovator butuh bantuan untuk implementasi hebatnya di bidang Teknologi Otomasi yang meliputi Internet Of Things (IoT), Elektronika (Ardunio, STM32, Raspberry, dll) , Instrumentasi dan informatika (Pengolahan Citra, Kecerdasan Buatan (AI), Software Aplikasi) langsung saja kontak akun sosial media kami dengan link WA berikut ini.

Jasa Arduino Bandung Internet of Things Bandung. Jasa Arduino Surabaya Internet of Things Surabaya. Jasa Arduino Jakarta Internet of Things Jakarta. Jasa Arduino Depok. Jasa Arduino Malang. Jasa Arduino Bandung. Jasa Arduino Batam. Jasa Arduino Bekasi. Jasa Arduino Surabaya. Jasa Arduino Semarang. Jasa Arduino Surakarta. Jasa Arduino Pekanbaru. Jasa Arduino Tangerang Selatan. Jasa Arduino Bekasi. Jasa Arduino Makassar. Jasa Arduino Tangerang. Jasa Arduino Medan. Jasa Arduino Palembang. Jasa Arduino Jogja. Jasa Arduino Yogyakarta.