cobaseh

download project speaker (mp3 player) remote menggunakan infra red arduino

Post Date
08 Aug 2023

Salam Innovator.... :)

Berjumpa lagi dengan elmechtechnology.com, tempat kalian belajar dan belanja komponen dengan mudah dam murah. Kali ini admin akan sharing mengenai projek pembuatan Sound Player (MP3 Player) dengan mengguakan Arduino dan dapat dikendalikan dengan remote infrared. Perlu teman-teman ketahi rangkaian dan program dari project ini sangat sederhana dan pastinya teman-teman dapat langsung mempratikkan dan dapat langsung membuatnya. adapun komponen yang dibutuhkan dalah sebagi berikut:

  1. Arduino Promini
  2. Modul Infrared
  3. DF Mini Player
  4. Power Supplay
  5. Led

DFPlayer mini adalah modul mp3 dengan output yang telah disederhanakan langsung ke pengeras suara (speaker). Modul ini dapat digunakan berdiri sendiri dengan baterai, speaker dan push button, atau dapat juga dikombinasikan dengan Arduino UNO atau perangkat lainnnya dengan kemampuan RX/TX. DFPlayer menghubungkan modul decoding yang rumit dengan sempurna, yang mendukung format audio pada umumnya seperti MP3, WAV, WMA. Selain itu, juga mendukung TF card dengan sistem file FAT16, FAT32. Melalui port serial yang sederhana, pengguna dapat memainkan musik yang dipilih tanpa perintah-perintah rumit untuk melakukannya. berikut adalah gambar dari DFPLayer.

Gambar 1. Pint OUT DFRobot

Adapun cara penggunaan dan pemasangan adalah sebagai berikut:

Gambar 2. Cara penyambungan DFPlayer dengan arduino

CARA CONVERT FILE MP3 AGAR BISA TERBACA DF PLAYER:
1. Siapkan micro SD 
2. Siapkan file mp3
3. Ubah nama file mp3 dengan format :  0000.mp3 , 0001.mp3, 0002.mp3, dan seterusnya
4. Buat folder baru dengan nama >>  mp3
5. Masukan file mp3 yang telah di ubah nama tadi ke dalam folder "mp3"
6. Copy kan folder "mp3" ke dalam micro SD
7. Selesai

Sedangkan modul infrared atau Cahaya infra merah merupakan cahaya yang tidak tampak. Jika dilihat dengan dengan spektroskop cahaya maka radiasi cahaya infra merah akan nampak pada spektrum elektromagnet dengan panjang gelombang di atas panjang gelombang cahaya merah. Dengan panjang gelombang ini maka cahaya infra merah ini akan tidak tampak oleh mata namun radiasi panas yang ditimbulkannya masih terasa/dideteksi.

Pada dasarnya komponen yang menghasilkan panas juga menghasilkan radiasi infra merah termasuk tubuh manusia maupun tubuh binatang. Cahaya infra merah, walaupun mempunyai panjang gelombang yang sangat panjang tetap tidak dapat menembus bahan-bahan yang tidak dapat melewatkan cahaya yang nampak sehingga cahaya infra merah tetap mempunyai karakteristik seperti halnya cahaya yang nampak oleh mata.

Pada pembuatan komponen yang dikhususkan untuk penerima infra merah lubang untuk menerima cahaya (window) sudah dibuat khusus sehingga dapat mengurangi interferensi dari cahaya non-infra merah. Oleh sebab itu sensor infra merah yang baik biasanya jendelanya (pelapis yang terbuat dari silikon) berwarna biru tua keungu-unguan. Sensor ini biasanya digunakan untuk aplikasi inrfa merah yang digunakan diluar rumah (outdoor). Pada project kali ini modul infafed yang digunakan adalah seperti pada Gambar 3.

Gambar 3. Remote dan Infrared

Berikut adalah Video hasil uji coba rangkaian:

Sekian dulu penjelasan kita kali ini jika inovator butuh bantuan untuk implementasi hebatnya di bidang Teknologi Otomasi yang meliputi Internet Of Things (IoT), Elektronika (Ardunio, STM32, Raspberry, dll) , Instrumentasi dan informatika (Pengolahan Citra, Kecerdasan Buatan (AI), Software Aplikasi) langsung saja kontak akun sosial media kami dengan link WA berikut ini.

 

Jasa Arduino Bandung Internet of Things Bandung. Jasa Arduino Surabaya Internet of Things Surabaya. Jasa Arduino Jakarta Internet of Things Jakarta. Jasa Arduino Depok. Jasa Arduino Malang. Jasa Arduino Bandung. Jasa Arduino Batam. Jasa Arduino Bekasi. Jasa Arduino Surabaya. Jasa Arduino Semarang. Jasa Arduino Surakarta. Jasa Arduino Pekanbaru. Jasa Arduino Tangerang Selatan. Jasa Arduino Bekasi. Jasa Arduino Makassar. Jasa Arduino Tangerang. Jasa Arduino Medan. Jasa Arduino Palembang. Jasa Arduino Jogja. Jasa Arduino Yogyakarta.